A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

YouTube Bagi Keuntungan Iklan ke User

Seperti yang dikutip dari Reuters, YouTube yang merupakan situs sharing video nomor satu di dunia merencanakan untuk membagi-bagi keuntungan iklan kepada user yang meng-upload klip video terpopuler semua jenis mulai dari video anjing yang berskateboard sampai bayi berdansa.

Situs video tersebut yang saat ini dimiliki oleh perusahaan pencarian raksasa Google, mengatakan bahwa program kerjasama YouTube memungkinkan individu untuk menghasilkan uang dari video mereka yang memenuhi syarat berdasarkan jumlah pengunjung yang melihat dan seberapa luas video tersebut di-share ke user lain.

Inovasi YouTube ini mendapatkan kritikan oleh sebagian investor Google yang mengeluhkan kegagalan YouTube dalam memberikan keuntungan walaupun pamornya menjulang.

Hingga saat ini, user yang teratur memproduksi video bisa mendapatkan keuntungan lewat YouTube dengan cara mengajukan permohonan menjadi anggota dari program partnership, di mana diklaim oleh YouTube program partnership tersebut menghasilkan produser video berpenghasilan ribuan dollar.

Dengan sistem yang baru, jika suatu video menjadi popular, YouTube akan meng-email si pembuat dan mengirimkan pesan “enable revenue sharing”. Para petinggi YouTube menolak menjelaskan secara rinci seberapa populer yang diperlukan suatu video agar pemiliknya menerima e-mail tersebut. YouTube hanya berkata bahwa iklan hanya ditampilkan jika user menyetujuinya.

Salah satu contoh video klip yang belakangan ini menjadi fenomena global adalah video dansa pada pernikahan Jill Peterson dan Kevin Heinz dari Minnesota, yang menampilkan dansa dari pasangan tersebut pada saat memasuki acara pesta pernikahan. Video tersebut diakses 10 juta kali dalam waktu kurang dari satu minggu dan dikutip oleh berbagai stasiun TV. Tapi menurut petinggi YouTube, pembuat video tidak pernah mendapatkan sepeserpun dari klip tersebut.

Rencana dari program ini, yang awalnya tersedia hanya bagi warga Amerika saja, adalah langkah terakhir YouTube untuk meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan keuntungan dari jutaan video yang di-upload setiap hari.

“Kami berfikir ada lebih dari 10 juta partner yang dapat bekerja sama dalam program ini”, menurut Tom Pickett, direktur penjualan online YouTube.

Goldman Sachs memperkirakan pendapatan YouTube akan menembus 300 juta dollar tahun ini, dan angka tersebut akan meningkat setidaknya 40 persen di tahun 2010. Tetapi menurut pakar analis dari Credit Suisse, YouTube berpotensi mengalami kerugian hampir 500 juta dollar tahun ini.
Sebagai bagian dalam meningkatkan pendapatan, YouTube telah mencoba untuk meningkatkan jumlah video dari televisi tradisional dan perusahaan film, mendorong pemain pasar bermerk untuk lebih banyak membelanjakan iklan. Sebelumnya, YouTube telah menandatangani persetujuan dengan Time Warner untuk klip dari CNN, TNT, Cartoon Network dan Warner Bros.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*